Pelatihan ‘Water Rescue’ di Embung Kaliaji Turi

sar-mta

SLEMAN – Pelatihan gabungan ‘water rescue’ atau penyelamatan pada musibah air dilaksanakan di Embung Kaliaji Wonokerto Turi Sleman, Rabu (23/11/2106).

Peserta pelatihan dari SAR Majelis Tafsir Alquran (MTA) DIY, relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) Donokerto Turi, PMI Turi, Radio Komunitas Bangunkerto (RKB), Polsek, Koramil dan Komunitas Relawan (KOR) Turi.

Instruktur pelatihan berasal dari SAR MTA Pusat (Solo) terdiri dari 13 personel. Panitia pelatihan Masdi Kurmala menjelaskan, kegiatan ini sengaja dipusatkan di Embung Kaliaji Turi, antara lain lokasinya cukup strategis dan beberapa kali pernah digunakan latihan SAR serta mendapat persetujuan dari Basarnas.

Materinya terbagi dua, yakni matering kering atau di darat terlebih dahulu seperti pengenalan perahu LCR dan mesin tempel, tehnik dayung dan pedoman penyelamatan di air. “Materi basah sudah di perairan embung, antara lain ada defense release, teknik dayung, pemindahan korban, olah gerak LCR engine, pertolongan korban tenggelam dan sistem operasi laka air,” jelas Masdi.

Mewakili relawan Destana, Setia Budi mengungkapkan, merasa senang para peserta antusias mengikuti pelatihan ini.

Dari Destana sendiri ada 45 peserta, masih ditambah lagi dari perwakilan dari PMI, RKB, Polsek, Koramil dan KOR Turi. (Yan) MTA FOR JATENG POS PENYELAMATAN: Suasana Pelatihan ‘water rescue’ SAR MTA DIY bersama instruktur dari SAR MTA Pusat.


Beri Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *