Perlunya Membangun Organisasi Dakwah Islam Berskala Globe-all (Internasional)

allah-maha-menepati-janji

Segala puji hanya untuk Allah SWT, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Saw, keluarga, sahabat dan seluruh pengikutnya. Salam untuk seluruh Nabi-Nabi dan Rasul-Rasul-Nya.

 

Alhamdulillah, Globe bola dunia semakin terasa semakin kecil, dan semuanya seolah sangat mudah di akses dengan sebuah alat modern bernama komputer, semacam Google Map dan sejenisnya.  Dunia seolah-olah semakin mudah dikelola oleh umat manusia.

 

Umat Islam telah Allah tuntun untuk membawa dunia dari kegelapan keyakinan menyembah BERHALA dari batu atau imaginasi menyembah berbagai DEWA-DEWI, dibawa  kepada menyembah kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa Tuhan Yang Maha Suci, Tuhan Yang Maha Agung, Tuhan Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana.

 

Sebuah kebenaran yang berkwalitas sempurna dan tinggi. Keyakinan tentang TAUHID (Meng Esakan Allah SWT) menjadikan manusia menjadi manusia yang mulia dan tinggi.

 

 

بَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَإِذَا قَضَى أَمْراً فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ ﴿١١٧﴾

 

 

Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah”. Lalu jadilah ia. (QS. 2 ayat 117)

 

Kemuliaan manusia akan tetap terjaga selama manusia mau menempuh jalan kesucian jiwa dan tetap dalam TAUHID, hati yang terang benderang melihat keagungan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa di alam dunia, alam tempat ujian, alam tempat cobaan yang dipenuhi dengan godaan syaitan yang terus menerus menyesatkan keyakinan hati manusia dan kebersihan hati manusia.

 

Percaturan antara keyakinan menyembah Allah Tuhan Yang Maha Esa dan manusia manusia yang tetap saja menyembah berhala atau bahkan menyembah kepada selain Allah, kepada tuhan yang banyak, terus saja bergulir tidak pernah berakhir. Sungguh Dunia adalah alam ujian, alam cobaan. Menguji siapa yang benar-benar menyembah Allah dan siapa-siapa yang berpaling dari Allah dan menyembah tuhan yang banyak. Atau bahkan menyembah syaitan makhluq yang dilaknat oleh Allah.

 

 

  1. Organisasi Sebuah Kemestian Zaman Kini

 

Kita umat Islam belum banyak mengerti bagaimana dulu para sahabat Rasulullah mengorganisasi kepemimpinan mereka di zaman Khalifah Khulafaur Rasyidin, maupun Khalifah Bani Umayah, Khalifah Bani Abasiyah atau pula Khalifah Bani Fathimiyah. Yang jelas mereka telah berjasa besar menuntun umat kepada Islam dan memeliharanya setidaknya selama 1300 th.

 

Sebuah amal yang sangat mulia, menjaga umat ini untuk selalu beribadah hanya kepada Allah SWT, tuhan pencipta dan pemilik semesta Alam, Tuhan yang Maha Berilmu sebagaimana firman-Nya

 

وَلَوْ أَنَّمَا فِي الْأَرْضِ مِن شَجَرَةٍ أَقْلَامٌ وَالْبَحْرُ يَمُدُّهُ مِن بَعْدِهِ سَبْعَةُ أَبْحُرٍ مَّا نَفِدَتْ كَلِمَاتُ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ ﴿٢٧﴾

 

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering) nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS 31 ayat 27)

 

Umat Islam zaman kini telah melihat berbagai macam organisasi Internasional yang sangat kuat, organisasi perdamaian semisal PBB, Pakta Warsawa, Nato,  organisasi keagamaan semacam organisasi umat Kristen Dunia, Umat Katholik Dunia, Umat Yahudi Dunia, Umat Budha Dunia, dll. Atau organisasi urusan kesejahteraan semacam WHO dan WTO atau pula IMF.  Dan bahkan organisasi perdagangan dan Waralaba telah menjamur pula tersebar ke seluruh penjuru Benua dan menempati di berbagai kota-kota besar Dunia. Termasuk organisasi perusahaan-perusahaan Trans Nasional yang mengelola berbagai jenis tambang tambang dan komoditi-komoditi penting di seluruh Dunia, yang memiliki Cabang dan Ranting di seluruh Kota-Kota Besar atau kecil di seluruh Dunia.

 

 

  1. Perlunya Organisasi Dakwah Islam Yang Bertaraf Internasional

 

Islam adalah agama Rahmatan Lil ‘alamin. Sebuah agama yang dijadikan oleh Allah untuk dapat membawa manusia kepada keselamatan, kebahagiaan dan kedamaian hidup di alam Dunia, alam Barzah (Kubur) dan alam akherat, 3 alam yang akan di lalui manusia. Kebenaran Islam adalah Universal dan Kekal, sebagaimana firman-Nya

 

 

هَـذَا بَيَانٌ لِّلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِّلْمُتَّقِينَ ﴿١٣٨﴾

 

(Al Qur’an) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.(QS 2 ayat 138)

 

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيراً وَنَذِيراً وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ ﴿٢٨﴾

 

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.(QS 34 ayat 28)

 

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ ﴿١٠٧﴾

 

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.(QS 21 ayat 107)

 

 

Begitu jelas Allah menerangkan kepada kita bahwa Islam adalah agama dari Allah untuk semesta manusia. Bila zaman hari ini kita telah melihat berbagai lembaga di Indonesia ini telah mulai merambah dunia Internasioanal. Maka seharusnya lembaga-lembaga Dakwah seharusnya mengembangkan sayap  menuju tingkat Internasional.

 

 

 

  1. Islam Sebuah Kemuliaan Yang perlu dikenalkan ke segenap Bangsa Bangsa DUNIA

 

 

Manusia modern telah membangun sarana Internasional, baik itu berupa satelit atau berupa siaran-siaran radio dan televisi. Dan negara-negara besar telah menyebarkan ilmu dan budaya apapun dari mereka kepada seluruh dunia lewat globalisasi organisasi siaran mereka. Kita melihat banyak siaran-siaran negara maju telah memiliki perwakilan di negara-negara berkembang. Dan kemudian hal itu telah mewarnai pola pikir dan pola hidup manusia-manusia negara berkembang.

 

Manusia maju telah menggunakan bahasa segenap bangsa-bangsa di dunia untuk mewarnai dunia dengan ilmu mereka, mereka memiliki system organisasi siaran yang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari organisasi perusahaan trans-nasional. Untuk menyebarkan ilmu dan budaya mereka ke segenap umat manusia di seluruh Dunia. Namun syarat yang harus dimiliki adalah mereka harus bersifat DERMAWAN kepada siapapun. Mau berkorban secara materiil dengan jumlah besar kepada siapapun untuk bisa menyebarkan ilmu dan budaya mereka ke segenap bangsa di seluruh penjuru dunia.

 

Itulah yang harus dibangun oleh umat Islam. Sistem organisasi yang modern, sumber kesejahteraan yang melimpah dan semua diberikan  dengan penuh KEDERMAWANAN ke seluruh penjuru Dunia, dan diwarnai dengan kwalitas MORAL manusia yang tinggi seperti yang di ajarkan dalam Al-Qur’an. Sehingga umat manusia sedunia mendapatkan KESEJUKAN dan KEINDAHAN ajaran Islam yang penuh Rahmat Allah SWT.

 

Organisasi yang dianggap modern di zaman ini misalnya adalah sebuah organisasi perusahaan manufacturing. Ketika manusia hendak membangun sebuah kendaraan apapun, maka disana ada standarisasi Proses, standarisasi waktu proses, standarisasi pembentukan proses, standarisasi perakitan proses, standarisasi kwalitas hasil proses, dan bahkan sampai  standari pemasaran dan standarisasi memuaskan para pelanggan. Yang semuanya saling berkaitan satu sama lain saling menyokong dan saling menguatkan.

 

Di dalam islam ketelitian pengorganisasian tidak hanya seteliti itu, namun ada sesuatu yang harus ditambahkan lagi dari itu semua yaitu standarisasi KEMULIAAN AKHLAQ yang semuanya harus dibangun juga dengan standarisasi yang sangat presisi yaitu Al-QUR’AN dan AS-SUNNAH.

 

Dakwah Islam yang bisa mengglobal harus didukung oleh orang-orang yang maju, modern  dan disiplin, bukan manusia yang membiarkan dirinya ketinggalan zaman, tetapi juga memiliki kwalitas AKHLAQ yang sesuai standart yang di tetapkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

 

Para ULAMA harus mampu mengenal dan memakai serta mengetahui teknologi modern. Mereka harus mampu menghadapi anak-anak generasi muda yang telah mengenal teknologi dunia dan teknologi modern. Karena ULAMA pulalah yang akan menyematkan AKHLAQ Al-QUR’AN dan AS-SUNNAH kepada generasi muda dunia modern.

 

 

  1. Pengayaan IDE untuk sarana Dakwah Islam yang Mengglobal.

 

 

Generasi zaman modern generasi yang sangat banyak mendapatkan berbagai macam informasi. Ketika di dalam keluarga tidak di dahulukan dengan membangun akhlaq mereka dengan Al-Qur’an dan As Sunnah, banyak dari mereka yang telah dengan cepat menyerap informasi yang kadang berlawanan dengan kehendak Al-Qur’an dan As-Sunnah. Maka kadang-kadang Orang tua muslim kehilangan estafet Islam. Disebabkan karena anak-anak mereka telah  tercemar dengan berbagai hal-ahal yang merusak akhlaqnya, yang pada zaman hari ini sangat mudah di dapat dimanapun.

 

Bagaimanapun manusia hendak memuaskan diri dengan sarana modern untuk memuaskan gelora syahwat,  maka semua itu hanya akan mempercepat kesusahan pada diri masing-masing. Bagaimana Para pemuka-pemuka Islam dan para ULAMA MUDA di zaman ini seharusnya menyadari bagaimana proses standard yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad dapat disematkan pada generasi MUDA dunia yang telah begitu banyak mendapat pengaruh-pengaruh negatip , yang akan menghancurkan kebahagiaan haqiqi mereka.

 

Disamping masjid-masjid yang digunakan untuk melestarikan ILMU, IMAN dan TAQWA generasi hari ini, juga harus dibangunkan sarana-sarana untuk membangun kemodernan yang POSITIP bagi mereka semuanya. Jangan sampai mereka mengisi waktu tanpa ada arah, atau bahkan tidak diarahkan. Karena akibatnya mereka nanti hanya akan mengisi hidup dengan mengarah kepada kesenangan menggelorakan syahwat yang dirasa menyenangkan.

 

Hal-hal seperti organisasi modern ini sebenarnya sudah ada di zaman ini, di antaranya adalah sarana-saran sekolah-sekolah yang ditata dengan ORGANISASI yang sangat ketat. Maka perlu juga diadakan lembaga lembaga meningkatkan keahlian generasi muda BERIMAN dengan cara mereka diberi ilmu-ilmu APLIKATIP oleh para DERMAWAN ILMU TERAPAN, sehingga generasi muda yang BERIMAN dengan cepat pula mewarisi ILMU PENGETAHUAN MODERN untuk digunakan dalam kehidupan bermasyarakan dan terus mengedepankan sifat KEDERMAWANAN mereka kepada seluruh umat manusia. Begitulah menumbuhkan Islam RAHMATAN LIL ‘ALAMIN dari zaman ke zaman. Dari zaman UNTA hingga zaman ANTARIKSA.

 

Pengorganisasian yang sudah nampak di berbagai organisasi yang mengglobal perlu dijadikan landasan membangun organisasi DAKWAH, namun isi dari organisasi tersebut adalah orang-orang yang ALKHLAQ MULIA dan para orang-orang yang DERMAWAN dalam segala bidang.

 

Selain Rumah-rumah ibadah, umat Islam perlu juga membangun rumah-rumah transfer kemajuan teknologi dalam bidang apapun. Dan Yang paling penting adalah dalam rumah-rumah tersebut seluruh anggota yang telah diorganisasi dengan baik, dengan teliti, namun mereka harus dibangan akhlaq dan kedermawanan mereka dengan baik dan teliti pula.

 

 

  1. Yakinlah Bahwa ALLAH SWT itu MAHA KAYA, Maha Perkasa, Maha Bijaksana.

 

 

Allah SWT telah menjadikan Islam agama terakhir, dan Allah pula yang memiliki semesta Alam. Apakah itu alam Dunia, apakah itu alam Barzah, atau itu alam Akherat, bahkan alam JIN, dan alam Malaikat dan semesta Alam yang dikenal manusia dan yang tidak dikenal manusia.

 

 

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللّهَ لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَا لَكُم مِّن دُونِ اللّهِ مِن وَلِيٍّ وَلاَ نَصِيرٍ ﴿١٠٧﴾

 

Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong. (QS 2 ayat 107).

 

 

Dan Allah SWT menjanjikan kepada kita semua akan keberhasilan dunia dan akherat bagi orang-orang yang mau mengenalkan Agama Allah Islam kepada segenap UMAT MANUSIA dan Allah akan menguatkan mereka dan menolong mereka

 

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ ﴿٧﴾

 

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.(QS 47 ayat 7)

 

 

لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَإِنَّ اللَّهَ لَهُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ ﴿٦٤﴾

 

 

Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji.(QS 22 ayat 64)

 

 

 

Allah memerintah umat Islam untuk mengenalkan Islam keseluruh Dunia, sehingga bila seluruh umat Islam mau menyambut apa yang Allah sampaikan pasti Allah akan memberikan kepada mereka pertolongan dan perlindungan dan berbagai keberhasilan yang semuanya itu akan di dapatkan bila manusia benar-benar ikhlas dalam menjalankannya. Keikhlasan manusia dapat dibangun dengan memahami fiman Allah yang artinya.

 

 

لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ وَتُسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً ﴿٩﴾

 

supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama) Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS 48 ayat 9)

 

 

الَّذِينَ إِن مَّكَّنَّاهُمْ فِي الْأَرْضِ أَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ وَأَمَرُوا بِالْمَعْرُوفِ وَنَهَوْا عَنِ الْمُنكَرِ وَلِلَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ ﴿٤١﴾

 

(yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, niscaya mereka mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, menyuruh berbuat yang ma`ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar; dan kepada Allah-lah kembali segala urusan.(QS 22 ayat 41)

 

 

Segala puji bagi Allah, Islam agama yang mulia dan tinggi, agama yang bersih dari campurtangan hawanafsu manusia. Bila manusia ingin memperjuangkan Islam maka dia harus membangun KWALITAS MULIA yang dikehendaki Allah dengan Al Qur’an dan As-Sunnah, sehingga setelah di didik dengan Islam dengan cara yang Standard dan Presisi, maka muncullah GENERASI MUSLIM   di Zaman MODERN yang dapat menyebarkan Islam yang Rahmatan lil ‘alamin ke semesta BUMI, ke seluruh pelosok DUNIA, untuk membangun keselamatan, kebahagiaan dan kedamaian dan ketentraman.

 

Semoga Allah memberi kekuatan kepada kita bangsa Indonesia di saat ini dan generasi-generasi setelah kita untuk bisa menyebarkan Islam ke seluruh penjuru dunia dan dapat diterima dengan penuh BAHAGIA oleh segenap umat manusia seluruhnya…… Aaamiin.  Wallohu a’lam


Leave a Reply