Tiga Profesi yang Menguntungkan

tiga-3-profesi-yang-menguntungkan

tiga-3-profesi-yang-menguntungkanPada dasarnya setiap insan yang hidup di dunia yang walaupun hanya mendapatkan kesenangan sementara ini (QS. Al Mu’min/40: 39) pastilah membutuhkan profession (pekerjaan) untuk kelangsungan hidup pada diri dan keluarganya.

Profession (pekerjaan) tersebut tentunya berdasarkan kemampuan atau keahlian mereka masing- masing. Sebagai contoh, ada orang yang berprofesi sebagai guru/ dosen, doctor, barber, pedagang, sopir, petani dll. Itulah beberapa contoh profesi yang ada di sekeliling kita.

Tetapi saudaraku, menurut penulis ada 3 profession (pekerjaan) yang seharusnya tidak boleh ditinggalkan oleh tiap-tiap manusia (muslim) yang menginginkan keuntungan di dunia maupun di akhirat.

Melalui tulisan ini penulis memberikan opini tentang 3 profession (pekerjaan) yang menguntungkan di dunia maupun di akhirat. Tiga pekerjaan tersebut yaitu:

1. Security

Security merupakan bahasa asing, yang di lingkungan kita tinggal biasa disebut satpam. Satpam (Satuan Pengaman), di dalam KBBI satpam mengandung makna bahwa ia merupakan satuan (orang) yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan tertentu.

Walaupun tugas seorang satpam adalah menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan tertentu, sudah pasti ia juga menjaga dirinya dari setiap gangguan yang setiap saat bisa mengintai dirinya, juga keluarga serta lingkungan tempat ia bekerja.

Security (satpam) menurut penulis merupakan pekerjaan pertama yang menguntungkan di dunia maupun di akhirat apabila ia benar- benar bisa amanah terhadap tugasnya sebagai security (satpam). Allah SWT menjelaskan di dalam QS. At Tahrim/ 66: 6 yaitu;

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

Dari kalimat “peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka” , penulis menyebut pekerjaan tersebut adalah security (satpam) yang bertugas menjaga tidak hanya dirinya tetapi juga keluarganya selamat dari api neraka.

Keluarga dijelaskan di dalam KBBI yaitu; 1). Ibu bapak dengan anak-anaknya; seisi rumah, 2). Orang seisi rumah yang menjadi tanggungan, 3). Sanak saudara; kaum kerabat, dan 4). Satuan kekerabatan yang sangat mendasar di dalam masyarakat.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila seorang Security (satpam) yang di dalam hatinya tertanam bisa dan mau bekerja sama dengan baik yakni di dalam menjaga diri, keluarga dan masyarakat maka akan tercipta lingkungan (negeri) yang baik (nyaman), aman, sentosa yang dipenuhi dengan berkah, dikarenakan orang- orangnya yang selalu bersyukur dan bertaqwa (beriman) (QS. Saba’/ 34: 15 dan QS. Al Baqarah/ 2: 126).

Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (Kepada mereka dikatakan): “Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun” .(QS 34:15)

Satu- satunya petunjuk untuk menjadi orang yang bertaqwa adalah Al Qur’an, salah satu firman- Nya yaitu di dalam QS. Ali Imran/ 3: 138

“(Al Quran) ini adalah suatu keterangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa” .

Mau menjadi satpam yang amanah bagi diri dan keluarga kita bukan? Yuk, kita jadi satpam buat diri, keluarga dan masyarakat di dunia dan akhirat supaya selamat!.

2. Lecturer/Teacher

Lecturer/Teacher juga merupakan bahasa asing yang memiliki arti dosen/guru. Guru, di dalam bahasa Jawa sering kita mendapatkan ungkapan bahwa guru mengandung arti digugu lan ditiru (ditaati dan diteladani).

Profesi seorang guru tidaklah hanya di sekolah ataupun di universitas tetapi di dalam rumah tangga, orang tua juga merupakan guru bagi keluarga dan masyarakat. Mau tidak mau guru juga menjadi bagian yang harus bertanggung jawab untuk semua itu.

Sehingga guru harus benarbenar kembali mengemban amanah yang telah diberikan kepadanya. Amanah adalah sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) kepada seseorang yang dinilai memiliki kemampuan untuk mengembannya.

Artinya amanah seorang guru adalah bagaimana seorang guru membimbing, membina, mengayomi dan memberi teladan terhadap perserta didiknya dengan penuh keikhlasan sehingga kasih sayang dari Allah SWT juga akan ia dapatkan, sebagaimana sabda nabi SAW di dalam HR. Baihaqi, beliau bersabda; Barangsiapa yang senang untuk dicintai Allah dan Rasul-Nya, maka hendaklah dia berkata jujur, menunaikan amanah dan jangan menyakiti tetangganya. [HR. Baihaqi]

“Barangsiapa yang senang untuk dicintai Allah dan Rasul-Nya, maka hendaklah dia berkata jujur, menunaikan amanah dan jangan menyakiti tetangganya” .

Untuk itu seorang guru yang amanah harus bisa dan mau mensinergikan antara hati, lisan dan perbuatan sehingga Allah akan selalu memberikan jalan keluar, rejeki dan kasih sayang, bukanlah laknat dari- Nya.

Dikarenakan jika seseorang hanya pandai berbicara tetapi tidak melaksanakan (mengamalkan) apa yang diucapkannya maka Allah akan melaknatnya.

Dengan Al- Qur’an Allah memberi petunjuk kepada orang- orang yang mengikuti keridlaanNya ke jalan keselamatan, maka dari itu marilah kita selalu berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Sunnah nabi SAW supaya tidak tersesat, sabdanya;

Kutinggalkan pada kamu sekalian dua perkara yang kamu tidak akan sesat apabila kamu berpegang teguh kepada keduaya, yaitu : Kitab Allah dan sunnah Nabi-Nya” . [HR. Malik dalam Al-Muwaththa’ juz 2, hal. 899]

Untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT, mari kita jadi orang yang amanah!

3. Salesman/woman

Pedagang (penjual) laki-laki/perempuan, yaitu seorang laki-laki/perempuan yang menjual barang, orang yang mencari nafkah dengan berdagang. Seorang pedagang yang jujur dan amanah pastilah ia akan menjaga kualitas barang dagangannya supaya laris dan memiliki pelanggan tetap yang setia.

Sebagai seorang mukmin seharusnya juga harus menjadi pedagang yang jujur dan amanah dikarenakan Allah sendirilah yang akan menjadi pembeli dari setiap apa yang dikerjakan oleh orang- orang yang mukmin tersebut.

FirmanNya yaitu di dalam QS. At Taubah/9: 111
“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka ….” .

Dari firman Allah tersebut di dalam QS. At Taubah/ 9: 111 bahwa bagi orang-orang mukmin (jujur dan amanah di dalam mensinergikan hati, lisan dan perbuatan) Allah akan menjadi pembeli, tidak dengan uang Allah membeli dagangannya melainkan Allah akan membelinya dengan lebih dari uang yakni surga yang di dalamnya penuh dengan kenikmatan.

Setelah kita memiliki 3 profesi yang menguntungkan tersebut, lantas apakah kita harus berdiam diri untuk tidak memiliki pekerjaan yang lain? Tidak.

Walaupun kita diperintahkan Allah untuk mengutamakan akhirat tetapi kita juga harus memiliki pekerjaan lain yang tentunya sesuai dengan kemampuan kita untuk kelangsungan hidup kita dengan keluarga kita.

Sebagaimana Allah memerintahkan kita melalui firman- Nya di dalam QS. Al Qashash/ 28: 77 yaitu;

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan” .

Saudaraku yang insya Allah dirahmati Allah SWT, demikianlah penulis memberikan opini tentang 3 profesi yang menguntungkan, yaitu security, lecturer/ teacher and salesman/ woman, kemudian profesi yang lain yaitu profesi yang sesuai dengan kemampuan kita masingmasing tidak boleh kita lupakan (tinggalkan) demi kelangsungan hidup kita dan keluarga kita.

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita ke jalan-Nya. Aamiin….

Oleh Sutanto M.Pd
Dosen Bahasa Inggris,
FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Ketua Pemuda Majlis Tafsir Al Qur’an
(MTA) Perwakilan Kabupaten Semarang


2 Responses to “Tiga Profesi yang Menguntungkan”

  1. 2
    suparlan Says:

    Bagus,artikel ini,tetapi knp profesi ustad/kiayi tdk termasuk,dlm 3profesi yg menguntungkan ? Mohon tanggapannya.mksh.

  2. 1
    Abdul Dzikri Says:

    Untung orang tua gua 22nya kerjanya dagang,,

Leave a Reply