Al-Qur’an Yang Dimudahkan sebagai Kabar Gembira dan Peringatan

alquran-mtaSegala puji bagi Allah, Seluruh pujian hanya layak untuk Allah saja, Dialah Tuhan, pencipta, pemelihara dan pemilik semesta Alam. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan kepada seluruh pengikut beliau yang selalu mengikuti jalan petunjuk-Nya, dan salam untuk seluruh Nabi-Nabi dan Rasul-Rasul-Nya.

Segala puji Hanya Untuk Allah, Dia yang telah mengutus Rasulullah Muhammad sebagai rahmat bagi semesta Alam sebagaimana firman-Nya

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam. (QS. 21:107)

 

Allah SWT menghendaki agar Rasulullah Muhammad SAW menuntun umat di jaman beliau dan sesudahnya untuk mengenal ilah yang sebenarnya yaitu Allah SWT dan agar manusia tidak terus menerus di dalam kesalahan dalam mengambil sesembahan.

Banyak manusia yang tidak mengetahui keberadaan Allah SWT sebagai pencipta, pemilik dan pemelihara semesta Alam dan Allah berkehendak mengutus Rasulullah Muhammad SAW agar beliau mengenalkan Allah kepada umat manusia dan kemudian manusia mengikuti segala petunjuk Allah, agar manusia selamat dan bahagia serta selalu dalam RahmatNya.

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا كَافَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيراً وَنَذِيراً وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. (QS. 34:28)

 

Segala puji hanya untuk Allah SWT, Islam dijadikan oleh Allah untuk disebarkan bagi seluruh umat manusia, sejak diturunkan hingga hari Qiyamat kelak, dan segala puji bagi Allah, Al-Qur’an memiliki tujuan utama sebagai pemberi pembawa kabar gembira dan peringatan. Didalamnya ada terkandung kisah dan sebab-sebab manusia di dirahmati Allah SWT, dan juga kisah dan sebab-sebab manusia di dimurkai Allah SWT.

Seharusnya manusia memilih jalan yang dirahmati Allah dan menghindari jalan yang dimurkai Allah SWT, dan Al-Qur’an harus disebarkan ke seluruh penjuru DUNIA,segala rizki yang diberikan oleh Allah berupa ilmu, dan segala harta benda haruslah dipergunakan sebagai sarana tersebarnya Al-Qur’an ke SELURUH DUNIA, dari zaman ke zaman, agar semua manusia mengetahui kabar gembira dan peringatan dari Allah SWT dan selamat sampai di sisiNya.

 

وَكَذَلِكَ أَنزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً وَصَرَّفْنَا فِيهِ مِنَ الْوَعِيدِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ أَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْراً

Dan demikianlah Kami menurunkan al-Qur’an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali di dalamnya sebahagian ancaman, agar mereka bertaqwa atau (agar) al-Qur’an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka. (QS. 20:113)

 

وَكَذَلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ قُرْآناً عَرَبِيّاً لِّتُنذِرَ أُمَّ الْقُرَى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ فَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ

Demikianlah Kami wahyukan kepadamu al-Qur’an dalam bahasa Arab supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka. (QS. 42:7)

 

وَمِن قَبْلِهِ كِتَابُ مُوسَى إِمَاماً وَرَحْمَةً وَهَذَا كِتَابٌ مُّصَدِّقٌ لِّسَاناً عَرَبِيّاً لِّيُنذِرَ الَّذِينَ ظَلَمُوا وَبُشْرَى لِلْمُحْسِنِينَ

Dan sebelum al-Qur’an itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat.Dan ini (al-Qur’an) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memeri kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. 46:12)

 

إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيّاً لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menjadikan al-Qur’an dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya). (QS. 43:3)

 

Segala puji hanya bagi Allah yang menurunkan Al-Qur’an untuk seluruh umat manusia. Dizaman Rasulullah Muhammad SAW dan para Sahabat dan para penerusnya, Al-Qur’an telah tersebar ke daerah yang sangat luas, dan bahasa Arab pun telah menyebar ke daerah yang sangat luas, pengajaran Islam telah wujud ke daerah yang sangat luas, mestikah zaman ini bahasa Arab harus pula menjadi bahasa umat manusia se Dunia ?.

Segala puji hanya bagi Allah, dia Allah yang menghendaki agar Al-Qur’an di mengerti dan dipahami berbagai bangsa di seluruh Dunia, dan hari ini Al-Qur’an telah diterjemahkan dalam segala bahasa bangsa-bangsa di dunia, agar seluruh manusia se Dunia memahami kehendak Allah dan petunjuk Allah SWT, walaupun tidak dengan bahasa Arab.

Bahwa Allah menghendaki Al-Qur’an menjadi kabar gembira dan peringatan. Orang yang taat kepada Allah bahagia di dunia dan di akherat akan dimasukkan ke dalam Surga dan orang yang tidak taat kepada Allah akan celaka hidupnya di Dunia dan di akherat akan dimasukan kedalam siksa Neraka.

Segala puji hanya untuk Allah, manusia manusia yang telah diberi oleh Allah Kitab dari sisiNya termasuk Al-Qur’an, dan  Allah akan memberikan ketenteraman dan kebahagiaan dan perlindungan kepada mereka bagi mereka yang mengikuti petunjukNya

 

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلاَّ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ فَمَنْ آمَنَ وَأَصْلَحَ فَلاَ خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلاَ هُمْ يَحْزَنُونَ

Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. 6:48)

 

قُلْ نَزَّلَهُ رُوحُ الْقُدُسِ مِن رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِينَ آمَنُواْ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ

Katakanlah:”Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan al-Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. (QS. 16:102)

 

إِنَّمَا تُنذِرُ مَنِ اتَّبَعَ الذِّكْرَ وَخَشِيَ الرَّحْمَن بِالْغَيْبِ فَبَشِّرْهُ بِمَغْفِرَةٍ وَأَجْرٍ كَرِيمٍ

Sesungguhnya kamu hanya memberi peringatan kepada orang-orang yang mau mengikuti peringatan dan takut kepada Yang Maha Pemurah walaupun dia tidak melihat-Nya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia. (QS. 36:11)

 

Segala pujian hanya untuk Allah yang telah menjadikan Al-Qur’an sebagai sesuatu yang dimudahkan untuk dipahami manusia dalam menempuh jalan petunjuk Allah, jalan keselamatan, jalan kebahagiaan, jalan ampunan, jalan yang diridhoi Allah.

 

فَإِنَّمَا يَسَّرْنَاهُ بِلِسَانِكَ لِتُبَشِّرَ بِهِ الْمُتَّقِينَ وَتُنذِرَ بِهِ قَوْماً لُّدّاً

Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan al-Qur’an itu kepada orang-orang yang bertaqwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang. (QS. 19:97)

 

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِداً وَمُبَشِّراً وَنَذِيراً

Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi saksi, dan pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, (QS. 33:45)

 

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا مُبَشِّراً وَنَذِيراً

Dan tidaklah Kami mengutus kamu melainkan hanya sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan. (QS. 25:56)

 

اللَّهُ الَّذِي سخَّرَ لَكُمُ الْبَحْرَ لِتَجْرِيَ الْفُلْكُ فِيهِ بِأَمْرِهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan sebelum al-Qur’an itu telah ada kitab Musa sebagai petunjuk dan rahmat. Dan ini (al-Qur’an) adalah kitab yang membenarkannya dalam bahasa Arab untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang zalim dan memeri kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. 46:12)

 

Dalam surat Al Qamar terdapat 4 ayat yang sama , di dalam ayat ke 17, 22, 32 dan 40 yang menjelaskan bahwa Al-Qur’an telah dimudahkan oleh Allah untuk menjadi kabar gembira dan peringatan untuk orang-orang yang ingin meneriman peringatan Allah SWT.

 

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran (QS. 54:17)

 

Bila manusia senang membaca Al-Qur’an dalam bahasa Arab, karena dengan membacanya telah menghadirkan ketentraman dan kebahagiaan di hati, bahkan senantiasa tamat membaca 30 JUZ didalam satu bulan sekali untuk mendapatkan pahala dari Allah.

 

Maka manusia akan semakin bahagia jika mereka mampu membaca tarjamah Al-qur’an dalam bahasa yang mereka pahami setiap bulan tamat sekali, dan terus demikian di lakukan sepanjang hidupnya, maka Al-Qur’an akan mampu dipahami sebagai pembawa kabar gembira dan peringatan oleh aqal dan hatinya. Segala pujian hanya untuk Allah yang menghendaki terciptanya kedamaian, ketentraman, kebahagiaan bagi kehidupan manusia di DUNIA dan di AKHERAT,

 

Mari kita umat manusia mencintai membaca Al-Quran dalam bahasa Arab dan terjemahnya dalam bahasa yang mereka pahami, agar setiap hari mendapatkan kefahaman tentang kabar gembira dan peringatan yang Allah berikan kepada mereka dan mereka dapat selalu memilih jalan selamat di sepanjang perjalanan hidupnya di Dunia dan berakhir dengan kebahagiaan di Akherat kelak.  Wallahu a’lam

 


2 Responses to “Al-Qur’an Yang Dimudahkan sebagai Kabar Gembira dan Peringatan”

  1. 2
    Abdul Dzikri Says:

    Izin Copas min, buat materi ngisi tausyiah di Gelombang remaja cabang

  2. 1
    AFS SUBATAH Says:

    LEBIH DARI KABAR YG MENGGEMBIRAKAN, AL QUR’AN MERUPAAN PETUNJUK JALAN YG LEBIH LURUS.
    JIKA INGIN MEMPEROLEH KEGEMBIRAAN ATAS KABAR TERSEBUT, PELAJARI DAN AMALKAN QL QUR’AN
    17. Al-Israa’ / ١٧ الإسراء
    ٩. إِنَّ هَـذَا الْقُرْآنَ يِهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْراً كَبِيراً

    9. Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,

Leave a Reply