Muslimah MTA Siap Gencarkan Dakwah

IMG20150711181120SOLO- Pengurus Ikatan Mahasiswa Majlis Tafsir Al Qur’an Putri (IMAMTA) Solo sukses menggelar buka puasa bersama dan talkshow bertajuk “Kontribusi Muslimah dalam Syiar Islam Masa Kini”, Sabtu, (11/07)

Bertempat di gedung pengajian MTA Pusat lantai 2, kegiatan ini menghadirkan pimpinan pusat MTA, Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina, sebagai pembicara.

Turut hardir pada kegiatan yang dimulai tepat pukul 16.30WIB dan diakhiri dengan buka puasa bersama adalah segenap pengurus MTA Pusat, pengurus MTA Perwakilan Kota Solo dan 150 Mahasiswi serta Muslimah yang berasal dari anggota IMAMTA serta perwakilan cabang/perwakilan MTA se-Solo Raya yang masing-masing mengirimkan 2 delegasi.

Ketua panitia, Aulia Asifati Asfa, menjelaskan bahwa IMAMTA GREAT EVENT (I-GREEN) merupakan program kerja IMAMTA tiap tahun. Namun, baru pertama kali ini diadakan khusus muslimah demi memudahkan koordinasi.

Terkait tema ia menambahkan maksud dari syiar Islam masa kini adalah berdakwah melalui kemajuan teknologi seperti media sosial. “Selain mengenalkan IMAMTA ke publik, harapannya dengan acara ini dapat menunjukkan peran muslimah, karena selama ini muslimah minim greget berdakwah sebagaimana ummul mukminin.” Tutur mahasiswi Pendidikan Biologi UMS tersebut sewaktu ditanya mengenai latar belakang acara ini.

Izzatun Nadia, selaku ketua IMAMTA putri menambahkan detail acara terdiri dari pengukuhan dan pelantikan kepengurusan IMAMTA pusat dan regional dalam hal ini IMAMTA Universitas Sebelas Maret (UNS). Senada dengan ketua panitia, Izza juga berharap muslimah mengambil bagian dalam dakwah. “Kita tunjukkan bahwa dakwah bukan monopoli kaum lelaki.” Imbuhnya.

Nur Kholis selaku pembimbing IMAMTA sangat mengapresiasi kegiatan ini, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa di tangan para pemudalah urusan agama.

Senada dengan itu dalam tausyiahnya Al-Ustadz Drs. Ahmadd Sukina amengajak peserta untuk memagari diri dengan aturan Islam. “Dakwah masa kini dan masa dahulu sama saja, hanya saja Islam menggariskan dakwah yang terbaik adalah mengajak manusia untuk taat pada Allah.” Tutur pimpinan MTA Pusat tersebut.

Al-ustadz juga menambahkan bahwa wanita masa kini bergaul bebas dengan lain jenis, maka sebagai muslimah yang mengemban dakwah harus menjaga pergaulan dan cara berpakaian. “Dakwah yang mengena dalah dakwah melalui perbuatan, maka itulah perlu memodali diri dengan agama yang cukup.” Pungkas Al-Ustadz di akhir acara.

Sebelumnya, pimpinan pusat MTA, Drs. Ahmad Sukina telah melantik kepengurusan IMAMTA putra pada (29/06) di gedung pengajian MTA Pusat, jalan Ronggowarsito, 111A, Solo.

Pada kesempatan tersebut, Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina berpesan kepada pengurus IMAMTA periode 2015 untuk terus memiliki semangat jihad dalam berdakwah. Selain itu, beliau juga berpesan agar pengurus IMAMTA periode 2015 tetap menjaga kebersamaan dalam bingkai Ukhuwah Islamiyyah.

“Tetap jaga kebersamaan ya,” pungkas Beliau.

IMAMTA sendiri mulai dibentuk pada tahun 2004. Awalnya, organisasi ini merupakan perkumpulan Mahasiswa Islam yang ikut mengaji Al Qur’an dan As-Sunnah di yayasan Majlis Tafsir Al Qur’an (MTA). Seiring berjalannya waktu, organisasi ini akhirnya disebut Ikatan Mahasiswa Majlis Tafsir Al Qur’an (IMAMTA).

Kini diusianya yang ke-11 tahun, IMAMTA masih mampu menunjukkan jati dirinya sebagai lembaga dakwah Islam dengan mengadakan kegiatan-kegiatan dakwah di lingkungan kampus.
[Apri Andayani]


Leave a Reply