Thalaq Ketika Nikah Sirri

Assalaamu ‘alaikum ustadz, apakah nikah sirri itu jika terjadi thalaq juga harus di ucapkan ustadz ? Sahkah wanita yang masih terikat nikah sirri dinikah resmi oleh laki-laki lain ? dari Ibu Wahidah di Sragen.

Jawab :

Wa ‘alaikumus salaam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Nikah sirri maupun tidak sirri, kalau thalaq ya harus diucapkan dan ada saksinya, minimal 2 orang yang adil.

يٰۤاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَآءَ فَطَلِّقُوْهُنَّ لِعِدَّتِهِنَّ وَ اَحْصُوْا الْعِدَّةَ وَ اتَّقُوا اللهَ رَبَّكُمْ، لَا تُخْرِجُوْهُنَّ مِنْ بُيُوْتِهِنَّ وَلَا يَخْرُجْنَ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ، وَتِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ، وَ مَنْ يَّتَعَدَّ حُدُوْدَ اللهِ فَقَدْ ظَلَمَ نَفْسَه، لَا تَدْرِيْ لَعَلَّ اللهَ يُحْدِثُ بَعْدَ ذٰلِكَ اَمْرًا(1) فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ، وَ اَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَ اَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ، ذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِه مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَ الْيَوْمِ اْلاٰخِرِ، وَ مَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه مَخْرَجًا

Hai Nabi, apabila kamu menceraikan istri-istrimu maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) idahnya (yang wajar) dan hitunglah waktu idah itu serta bertakwalah kepada Allah Tuhanmu. Janganlah kamu keluarkan mereka dari rumah mereka dan janganlah mereka (diizinkan) ke luar kecuali kalau mereka mengerjakan perbuatan keji yang terang. Itulah hukum-hukum Allah dan barang siapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat dhalim terhadap dirinya sendiri. Kamu tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah itu suatu hal yang baru. (1)

Apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujukilah mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. (2) [QS. Ath-Thalaaq : 1-2].

Wanita yang masih bersuami tidak sah menikah dengan laki-laki lain, karena ada larangannya menikahi wanita yang bersuami.

وَ الْمُحْصَنٰتُ مِنَ النِّمسَآءِ

dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, [QS. An-Nisaa’ : 24].

Maka kalau nikah itu jangan nikah sirri, nikahlah secara resmi di KUA, sehingga urusannya jelas dan ada surat nikahnya.


Leave a Reply