Menyikapi Ayah yang Dhalim

Assalaamu ‘alaikum ustadz, bapak saya tidak shalat, tetapi ibu saya shalat. Bapak saya bekerja, tetapi setiap kali saya minta uang untuk bayar sekolah dan uang saku tidak dikasih, alasannya tidak punya uang, padahal setiap hari kerja, tetapi selalu bilang tidak punya uang. Kalau memberi nafqah uang kepada ibu juga seenaknya. Yang demikian itu apakah bapak saya dhalim kepada keluarga ? Apakah saya berdosa apabila menyuruh bapak pergi saja dari rumah, daripada membikin ibu sedih setiap hari ? 087xxxx

Jawab :

Kalau betul apa yang kamu katakan itu, memang ayahmu berbuat dhalim.

Pertama, dhalim karena mengabaikan kewajibannya kepada Allah, yaitu tidak mau mengerjakan shalat.

Kedua, dhalim kepada anak istri.

Tetapi kalau kamu mengusir ayahmu dari rumah, kamu keliru (apalagi kalau rumah itu rumah ayahmu), sedangkan kewajiban anak terhadap bapak itu adalah berbhakti dan tha’at kepadanya selama dia tidak menyuruh berbuat  ma’shiyat (berbuat dosa).

Kamu meminta uang kepada bapakmu tidak diberi itu boleh jadi karena kamu tidak menampakkan bhakti kepada bapakmu. Maka, rubahlah sikapmu kepadanya, dan do’akanlah mudah-mudahan Allah membuka hatinya sehingga menjadi lunak, mau bertaubat, mau mengerjakan shalat, dan memperhatikan keluarganya.


(JatengPos, 15-01-2014)


Leave a Reply