Membantu Dana “Selamatan”

Assalaamu ‘alaikum ustadz, kakek saya sudah meninggal dan akan diadakan selamatan. Di situ saya dimintai dana untuk membantu acara tersebut. Apakah saya dibolehkan mengasih uang apa tidak, ustadz ?
dari 08xxxx

Jawab :

Mengadakan selamatan orang meninggal, itu bukan tuntunan Islam, tidak ada di dalam Al-Qur’an maupun hadits. Kalau kita menganggap bahwa selamatan orang meninggal itu tuntunan Islam, padahal tidak terdapat di dalam Al-Qur’am mauun hadits, berarti kita menambah-nambah syari’at Islam,  maka yang demikian itu berdosa. Sedangkan Allah SWT berfirman :

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرّ وَ التَّقْوٰى وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى اْلاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ، اِنَّ اللهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ. المائدة

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. [QS. Al-Maaidah : 2].

Kalau kamu sudah tahu bahwa Allah melarang tolong-menolong dalam perbuatan dosa, sekarang kamu mau memberi atau tidak, terserah kamu.


(JatengPos, 15-01-2014)


Satu komentar pada “Membantu Dana “Selamatan”

Beri Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *