MTA Peduli Banjir Gresik

Kerahkan Tenaga Medis, Obat dan salurkan Bahan Makanan. Sebagai bagian dari elemen masyarakat Gresik, Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) Cabang Gresik ikut merasakan musibah banjir yang melanda warga di Stren Kali Lamong. Puluhan Relawan SAR dari kantor MTA Surakarta membuat Posko bantuan korban banjir kali Lamong di Balai RW1 Desa Boboh Kecamatan Menganti.
Ketua MTA Cabang Gresik Sugiyanto mengatakan, kegiatan sosial dilakukan lembaga dakwah bukan merupakan pencitraan kepada masyarakat karena adanya permasalahan yang terjadi.”Ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan untuk membantu warga yang tertimpa bencana, bukan karena ada masalah kemarin.” ungkapnya.

Dijelaskan kegiatan sosial seperti ini merupakan salah satu program yang ada di MTA sesuai dengan yang diajarkan dalam Syariat Islam. “Ini bukan kegiatan baru bagi kami yakni pembentukan tim SAR dan relawan penduli banjir.” ujar Sugiyanto seraya menambahkan, tim relawan akan bertugas selama 3 hari.

Terkait bantuan yang diberikan menurut Rois tim SAR MTA OOusat Ali Akbar, pihak kita mengirimkan beberapa warga MTA baik dari kantor pusat Surakarta maupun dari Perwakilan Gresik. “Relawan dari MTA kita bagi menjadi beberapa tim, yakni 50 orang satgas, 14 orang tim SAR, 3 oorang dokter dan 25 orang di dapur umum.” jelas beliau.

Lebih lanjut relawan dari MTA akan memfokuskan kerjanya pada wilayah-wilayah yang belum terjangkau dari posko-posko yang sudah ada. “Selain membuat posko kesehatan dan pengangkutan warga, kami juga akan membagikan makanan siap saji, agar warga tidak kesusahan untuk mengolahnya.” ujar Ali.

(Radar Gresik, Jumat 20 Desember 2013)

******

Jateng Pos, Ahad 22 Desember 2013. Gresik, Banjir setinggi 1 meter menggenang desa Boboh Kecamatan Menganti Gresik, Jawa Timur sejak Sabtu (15 / 12). Dalam rangka peduli terhadap masyarakat yang terkena musibah. Majelis Tafsir Al quran (MTA) mengirimkan relawan 100 yang terdiri dari SAR MTA, SATGAS MTA, serta beberapa tenaga medis ke daerah bencana.

Team relawan diberangkatkan pada Rabu malam (18/12) dari kantor MTA Pusat oleh Ustad Drs. Ahmad Sukina dengan menggunakan satu buah bus, satu truk pengangkut perahu karet, satu unit ambulance lengkap dengan peralatan medis serta beberap mobil pribadi.

Team Relawan MTA menggunakan Balai RW I Boboh sbagai posko untuk menyalurkan bantuan berupa makannan siap saji dan tenaga medis yang siap melayani masyarakat. Sedangkan 2 buah perahu karet disiapkan sebagai sarana transportasi yang lumpuh akibat banjir.

Ketua MTA Perwakilan Gresik Sugiyanto mengatakan kegiatan sosial lembaga dakwah MTA bukan merupakan upaya pencitraan kepada masyarakat. “Ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dimana saja kita diperlukan, kita siap sedia” ujar Sugiyanto.

Sementara itu Camat Menganti Drs. Sutrisno, MM dalam keterangannya menyebutkan banyak warga yang terkena korban banjir mulai terkena penyakit gatal-gatal dan panas dingin karena demam. “Alhamdulillah kami dibantu oleh Team Relawan Majlis Tafsir Al quransehingga banyak warga yang tertolong” ujar Sutrisno.

Setiap perahu yang dioperasikan dari Team Majlis Tafsir AL quran ini rata-rata membawa 5 pasien yang dijemput  dari tempat kediamannya yang tergenang. Camat Sutrisno mengaku bersyukur karena team dari MTA yang sedianya sesuai surat akan berada di lokasi selama 3 hari ternyata disanggupi akan membantu sampai selesai.

Koordinator  team SAR MTA Ali Akbar menyatakan akan memfokuskan pada wilayah-wilayah yang belum terjangkau dari beberapa posko yang sudah ada. “Kita akan mendistribusikan makanan siap saji agar warga tidak usah repot memasaknya”

Salah seorang warga yang rumahnya tergenang banjir, Mesir (67) mengatakan sangat terbantu dengan adanya relawan yang datang. “Saya sangat bersyukur ada yang memberi makanan dan obat, saya sejak banjir melanda sudah demam dan gatal-gatal dikaki” ujar Mesir diatas perahu karet yang menjemputnya kepada Jateng Pos. (Daru)

(Jateng Pos, Ahad 22 Desember 2013)


2 Responses to “MTA Peduli Banjir Gresik”

  1. 2
    fn Says:

    mta jalan terus,cukup alloh saja sebagai penilainya

  2. 1
    ki sambang dalan Says:

    Mas Eko MTA Cabang Bendosari 3 TORIYO…..

Leave a Reply