Wapres Tekankan Makna Silaturahim di SILATNAS

Istora Senayan (Ahad, 15 September 2013). Dalam acara pembukaan Silaturahim Nasional Perjalanan Dakwah Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) ke-41, Wakil Presiden (Wapres) Boediono menekankan pentingnya makna dan menjalankan silaturahim, khususnya bagi umat Islam.

Gbr. Sambutan Wapres Boediono dalam SILATNAS MTA 2013

Mengutip pesan Nabi Muhammad SAW, Wapres mengatakan bahwa umat yang berjumlah besar tak akan bermakna jika tidak mengikat diri dengan silaturahim.

“Konon, menjawab pertanyaan sahabat tentang apa amal yang pahalanya besar, Rasulullah SAW bersabda: mendamaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan tali persaudaraan di antara mereka, adalah amal saleh yang besar pahalanya,” kata Boediono, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (15/9).

“Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali silaturahim,” tambahnya pula.

Silaturahim MTA hari ini sendiri diikuti antara lain oleh para kyai, ulama, sesepuh, pengurus dan para jemaah MTA. Sementara tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Membangun Moral Bangsa melalui Ukhuwah Islamiah serta Menjalin Tali Silaturahim”.

Dalam sambutannya, Boediono melanjutkan bahwa pemerintah tidak ingin acara sejenis hanya bersifat seremonial, namun hendaknya justru memperkuat nilai-nilai silaturahim untuk seterusnya. Apalagi menurutnya, pertemuan dengan para kyai dan ulama memiliki arti yang penting untuk pemerintah.

“Dengan semangat silaturahim, akan terjalin rasa kasih sayang dengan sesama manusia, bahkan dengan makhluk Allah lainnya. Dan bila ini terjadi, maka rahmat dan kasih sayang Allah SWT pun akan turun dan menaungi hidup kita,” imbuh Wapres.

Video Sambutan Wapres Boediono

Sedianya, acara tersebut dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun Presiden yang baru saja bertolak dari Labuan Bajo, masih harus melakukan pengecekan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Bali.

Referensi : http://www.beritasatu.com/nasional/138285-wapres-tekankan-makna-silaturahim-di-forum-majelis-tafsir-alquran.html


Leave a Reply