70.000 Umat Menghadiri SILATNAS MTA 2013

Istora Senayan (Ahad, 15 September 2013). Wakil Presiden Boediono dan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi)  menghadiri acara peresmian cabang Majlis Tafsir Alquran (MTA) di Istora Senayan Jakarta, Minggu (15/9). Sedikitnya 70.000 warga MTA menghadiri acara bertajuk Silaturahmi Nasional MTA 2013 tersebut.

Di tengah kondisi masyarakat yang semakin meninggalkan ajaran Islam, Majlis Tafsir Alquran (MTA) hadir membawa pencerahan. Yayasan dakwah yang berkantor pusat di Jalan Ronggowarsito nomor 111 Banjarsari, Solo ini, Minggu (15/9) kemarin semakin mengukuhkan eksistensinya saat menggelar acara akbar di Istora Senayan Jakarta.

Dalam acara  Silaturahmi Nasional MTA 2013 tersebut, dilakukan peresmian 128 perwakilan dan cabang baru MTA di seluruh Indonesia. Dengan demikian total perwakilan dan cabang MTA berjumlah 430, yang tersebar mulai dari Aceh hingga Lombok Tengah.

Di hadapan Boediono, Jokowi, serta para undangan yang hadir, Ketua MTA Ahmad Sukina menerangkan, MTA adalah yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan dakwah, dengan kegiatan utama mempelajari tafsir Alquran.

Gbr. Wapres RI Boediono Menghadiri SILATNAS MTA 2013

“MTA bukan ormas, underbouw ormas atau organisasi politik tertentu, apalagi sempalan gerakan NII,” kata Sukina. MTA, kata dia, mengajak umat kembali ke sumber ajaran Islam yang asli, yaitu Alquran dan sunah. Sumber rujukan MTA adalah kitab-kitab tafsir muktabar, baik tulisan ulama-ulama khalaf mau pun ulama-ulama salaf, seperti kitab tafsir Ibnu Abas, kitab tafsir Ibnu Katsir, kitab Tafsir Fii Dhilalil Qur’an, dan kitab tafsir Departemen Agama Republik Indonesia.

“Ada pun untuk Sunah Nabi, MTA juga langsung merujuk ke kitab-kitab Hadits muktabar yang dikenal dengan sebutan kutubut-tis’ah, yaitu sembilan kitab hadis, seperti sahih Bukhori dan sahih Muslim,” imbuh Sukina dalam acara yang juga dirangkai dengan pemutaran cuplikan film tersebut.

Dengan peresmian 128 perwakilan dan cabang baru MTA ini, menurutnya, kiprah organisasi akan lebih dimengerti dan dipahami oleh masyarakat. “Mudah-mudahan keberadaan MTA bisa mengokohkan keberadaan umat Islam di Indonsia dan pada gilirannya dapat mengokohkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harap Sukina. “Binaan-binaan lain hingga Papua yang belum sempat diresmikan pada hari ini, akan segera menyusul,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutannya, Wapres Boediono yang tampil berbatik ini, mengapresiasi acara silaturahmi yang diadakan MTA karena berhasil menyatukan 70.000 warga dan simpatisan di seluruh Indonesia. Acara ini dinilainya dapat mempererat tali persaudaraan umat Islam di Indonesia.

“Ini menjadi ajang silaturahmi anak bangsa yang semakin erat rasa persatuannya. Konon amal yang pahalanya besar salah satunya mengukuhkan tali persaudaraan. Itu yang amal salehnya besar,” lanjut Boediono.

Sebelum memulai sambutannya, Boediono menyampaikan salam dari presiden SBY yang berhalangan hadir. MTA sendiri berpusat di Surakarta dan telah memiliki 400 lebih cabang di seluruh Indonesia. Dalam acara ini, turut hadir beberapa petinggi MUI.

Sebelumnya, saat memasuki gedung Istora bersama Boediono dan Ketua MUI Kholil Ridwan, Gubernur DKI Jokowi membuat para undangan bersorak. “Ada Pak Jokowi tuh,” kata Ibrahim, salah seorang jemaah pada rekannya.

Begitu pun saat Ketua MTA, Ahmad Sukina, menyapa Jokowi dalam sambutannya. “Selamat datang kepada Gubernur DKI, Bapak Joko Widodo,” kata Sukina yang disambut tepuk tangan para jamaah.

 

Jokowi yang mengenakan baju batik bernuansa gelap, nampak duduk berdampingan dengan Boediono. Sesekali mereka tampak berbincang-bincang.

Sebelumnya, pada Sabtu (14/9), Pimpinan MTA Ahmad Sukina sempat melakukan wawancara live di salah satu stasiun TV nasional. Dalam kesempatan itu, Sukina menegaskan bahwa dalam melakukan dakwah, MTA mengirim guru hingga ke pelosok Tanah Air tanpa memungut bayaran sedikit pun. “Jadi tidak ada yang namanya pasang tarif, semua dakwah kami lakukan dengan gratis,” tegasnya.

Referensi : http://joglosemar.co/2013/09/boediono-dan-jokowi-hadiri-peresmian-cabang-mta-menyatukan-70-000-umat-tegaskan-mta-bukan-ormas.html?fb_source=pubv1

 

http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/digg_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/reddit_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/stumbleupon_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/delicious_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/technorati_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/google_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/myspace_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/facebook_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/yahoobuzz_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/twitter_32.png

About the Author

has written 264 stories on this site.

Tangan dari seorang Warga Colomadu Solo (yang ternyata Karanganyar) -----------------------******------------------------ “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” [Ash-Shaf : 2-3]

40 Comments on “70.000 Umat Menghadiri SILATNAS MTA 2013”

  • Mas Goen wrote on 29 September, 2013, 6:01

    Alhamdulillah …. Selamat atas Terselenggaranya SILATNAS MTA di Jakarta , semoga bs istiqomah dlm menyampaikan kebenaran….. yakinlah Allah akan memberikan Jalan keluar setiap kesulitan. Dlm berdakwah, jgn pernah berkecil hati rintangan itu mmg sdh sunnatullah , Allah berikan sbg sebab sarana utk berjuang dijalan Allah , …………sgl resiko dakwah tlh allah janjikan sbg gantinya bl kt istqomah ( QS,3 : 195 ) maka berbahagialah ….!!!!!

  • MOH. ASHARI wrote on 29 September, 2013, 7:55

    ALHAMDULIILLAH …. SILATNAS  MTA  2013 TELAH BERLANGSUNG DENGAN  SUKSES ,… SEMOGA DENGAN SILATURROHMI INI BISA MEMPERERAT UKHUWAH SESAMA UMAT ISLAM KHUSUSNYA DAN SESAMA ANAK BANGSA ……. KEDEPAN SEMOGA SEMAKIN MEMPERKOKOH DA’WAH  MTA  DALAM MENYEBARKAN AL QUR’AN DAN ASSUNNAH … SALAM UNTUK USTAZD AHMAD SUKINO DAN SELURUH PENGURUS YAYASAN MAJELIS TAFSIR ALQUR’AN ………… BY  MOH.  ASHARI  DI  SAMBAS  KALBAR. 

  • suprapto wibowo wrote on 29 September, 2013, 8:31

    dengan diresmikan dan di kukuhkan MTA se-indonesia majlis tafsir al-quran akan semakin di kenal olah masyarakat luas yang pada awalnya hanya mendengar MTA lewart suara-suara yang miring tentang MTA,dengan begitu semakin teranglah apa dan siapa itu MTA……………mudah2 an perkembangan dakwah yang di lancarkan MTA akan semakin sukses

  • Hanafi Sanggau Kalbar wrote on 30 September, 2013, 16:38

    Alhamdulillah diacara public corner Metro Tv tanggal 30 September 2013 yang disampaikan oleh all ustadz Drs.Ahmad Sukino dan K.H. Muhyidin Junaidi, dikupas habis tentang MTA dan menjadikan MTA semakin dikenal, disayangi, dicintai dan semakin berkembang dipelosok negeri ini. Amin.

  • abdullah wrote on 30 September, 2013, 17:05

    Kesabaran dalam da’wah perlu dikedepankan………. MTA mengajak ke jalan yang universal….. Belajar Al Qur’an dan As Sunnah untuk melihat tanda2 Keagungan Allah, ……mencintai syareat Allah dan rajin beribadah kepada Allah…..selalu Mengagungkan Allah….Mencari ridho Allah… dan menjauhi segala yang dimurkai Allah, menjauhi bangga diri dan membesarkan diri….. tapi selalu tawadhu’ untuk selalu …MENINGGIKAN KALIMAT ALLAH DIMANAPUN……..semoga Allah selalu meluruskan hati seluruh warga MTA dan umat Islam semuanya….. aaamiien…

  • sangaji bagus wrote on 2 October, 2013, 13:27

    Selamat dan Sukses buat MTA, terus dakwahkan al-Qur’an dan Sunnah
    (Dumai-Riau)

  • Bowo wrote on 4 October, 2013, 16:57

    Selamat

  • Bowo wrote on 4 October, 2013, 17:03

    Lanjutkan

  • Ngadi saliro wrote on 11 October, 2013, 16:14

    Mohon doanya saudaraku semoga gedung tempat aku dan warga mta di Maloan Teras Boyolali segera dapat ijin dan diresmikan. Alloh senantiasa bersama kita semua dalam fastabiqul khoirat.

  • ani fatma binti cipto h wrote on 20 December, 2013, 20:26

    Selamat ya mr.sukino yang penuh kasih sayang pada umat islam, semoga mta makin jaya dan tumbuh subur di seluruh dunia, amin dan tentu dilindungi ALloh swt dunia akherat, amin 3x




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2014 MTA.OR.ID | Situs Resmi Majlis Tafsir Al-Qur'an. All rights reserved.