Pelepasan 3044 Peserta Nafar Periode-1 Ramadhan 1434H

Ketua Umum Majelis Tafsir Alquran (MTA) Pusat, Al-Ustadz Ahmad Sukino dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo, Zainal Arifin Adnan melepas Tim Nafar Ramadan MTA Surakarta Periode I  tahun 1434 H / 2013 M  di Gedung MTA, Rabu (10/7). Nafar periode kali ini berlangsung mulai Rabu hingga Minggu (10-14/7) diikuti 3.044 peserta dari MTA Cabang Solo dan sekitarnya yang akan ditempatkan di berbagai cabang MTA di Indonesia.

“Nafar Ramadan merupakan kegiatan rutin MTA sejak tahun 1975 yang diselenggarakan dalam tiga periode di bulan Ramadan. Kegiatan berupa pengirim peserta untuk menetap di cabang MTA yang ditentukan selama lima hari, berangkat setiap hari Rabu dan kembali hari Minggunya,” ungkap Pimpinan MTA Pusat, pada Harian Joglosemar.

Lanjut dia, Nafar Ramadan merupakan praktik hidup sesuai tuntunan Rasulullah agar silaturahmi terjalin dengan baik. Muslim itu, seperti satu tubuh jika satu menderita maka yang lain juga akan ikut merasakannya. Selain itu kegiatan ini juga akan mengajarkan peserta saling hormat menghormati, karena dalam Islam tidak ada sekat seperti jabatan dan warna kulit. “Setiap peserta Nafar Ramadan harus taat pada pemimpin, sanggup dipimpin dan memimpin,” tegasnya.

Sementara itu dalam tausiyahnya Ketua MUI Solo, Zainal Arifin Adnan menjelaskan pada peserta bahwa MTA bukanlah agama sempalan dan juga bukan pula aliran sesat.

“Sudah menjadi konskuensi bagi para penyeru dakwah jika kalian nanti akan dimusuhi orang-orang yang tidak senang dengan dakwahmu, itu sudah dijelaskan dalam surat Yasin ayat 17. Maka, sebelum berangkat sudah seharusnya kalian membawa bekal akhlaqul karimah, tunjukan pada masyarakat bagaimana akhlaq orang MTA,” kata Zainal.

Salah satu peserta Nafar, Aan Abunaim (22), mengungkapkan di lokasi nafar biasanya akan mendalami materi. Selain mendalami sendiri dengan kelompok masing-masing juga akan diterangkan oleh guru dari daerah setempat. “Tidak cuma itu, peserta juga diajak jalan-jalan untuk mengenal lingkungan, serta mengisi kajian dan kegiatan keagamaan lainnya,” tutur pria yang telah mengikuti Nafar ke-7 kali asal Klaten ini.

Sebagai catatan bahwa, Nafar periode-1 dilakukan 10 s.d 14 Juli, periode-2 di tanggal 17 s.d 21 dan terakhir adalah hari ini 24 s.d 28 Juli 2013. Smoga diberikan kemudahan dan kelancaran melaksanakan fisabilillah dan bermanfaat bagi peserta nafar dan lingkungan sekitarnya. Amin

(Referensi : Harian Joglosemar, Kamis 11 Juli 2013)

http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/digg_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/reddit_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/stumbleupon_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/delicious_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/technorati_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/google_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/myspace_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/facebook_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/yahoobuzz_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/twitter_32.png

About the Author

has written 240 stories on this site.

Tangan dari seorang Warga Colomadu Solo (yang ternyata Karanganyar) -----------------------******------------------------ “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” [Ash-Shaf : 2-3]

2 Comments on “Pelepasan 3044 Peserta Nafar Periode-1 Ramadhan 1434H”

  • mar'ah wrote on 29 July, 2013, 11:23

    assalamu’alaikum,
    mohon diinformasikan untuk jumlah nafirin periode 2 dan 3..
    terima kasih

  • erwin syahrudin wrote on 28 August, 2013, 5:07

    ingin ikut tapi jauh




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2014 MTA.OR.ID | Situs Resmi Majlis Tafsir Al-Qur'an. All rights reserved.