Beasiswa KASMAMTA Foundation

Belum lama ini kemendikbud Dr.Muhammad Nuh menyampaikan data statistik anak sekolah di Indonesia. Sebagaimana diberitakan oleh ANTARA, pada tahun 2007 dari 100% anak yang masuk SD hanya 80% yang menyelesaikan hingga lulus. Sedang 20% lainnya putus sekolah (DO).

Dari 80% yang lulus SD, hanya sekitar 61% yang melanjutkan ke SMP.Dan dari jumlah yang masuk SMP itu hanya 48% yang menamatkan SMP, sisanya DO. Dan dari jumlah yang lulus itu hanya 21% yang melanjutkan ke SMA.

Di jenjang SMA, dari semua lulusan SMP yang masuk SMA hanya 10% yang lulus. Dan dari 10% itu hanya 1,4% yang melanjutkan ke pendidikan tinggi. Penelitian tahun 2011 menunjukkan sedikit perbaikan, dari 100% anak SD, ada 70% yang melanjutkan ke SMP. Dan ada 4,4% lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Sungguh mencengangkan data tersebut terlebih itu merupakan potret kita sendiri sebagai sebuah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Tidak dipungkiri, dari sekian banyak yang putus sekolah itu mayoritasnya adalah muslim. Ini menjadi masalah bersama, masalah negara pada umumnya dan masalah umat Islam pada khususnya.

Data tersebut adalah data nasional dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Boleh jadi, beberapa anak yang putus sekolah itu ada di sekitar kita atau bahkan ada yang bagian dari keluarga kita sendiri.

Secara nasional, negara melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengupayakan berbagai program untuk menaikkan posisi tawar sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Diantaranya melalui program BOS, BSM, dan Bidikmisi. Program yang digalakkan tahun 2013 salah satunya adalah Gerakan Antiputus Sekolah.

KASMAMTA Foundation

KASMAMTA adalah sekelompok perkumpulan alumni murid yang pernah belajar di SMA MTA Surakarta. SMA MTA Surakarta merupakan salah satu sekolah Islam unggulan di kota Solo. Hal ini bisa dilihat dari kualitas lulusan dan berbagai prestasi muridnya di berbagai ajang kompetisi.

Prestasi murid SMA MTA ini berlanjut hingga setelah lulus, salah satunya dengan merintis gerakan beasiswa untuk membantu murid SMA MTA yang memerlukan bantuan biaya pendidikan. Gerakan Beasiswa ini dinamakan KASMAMTA Foundation (KF). KF sendiri awalnya dari diskusi beberapa orang alumni tahun 2002 yang kemudian membuat grup di Facebook.Grup FB ini dibuat pada akhir tahun 2011. Untuk memperluas dan mempercepat akses informasi, dibuatlah situs sederhana KF dengan alamat www.kasmamtafoundation.org

Ketika tulisan ini dibuat, jumlah anggota yang terdaftar di grup FB KF ada 246 orang. Harapannya, semua alumni SMA MTA bisa bergabung di KF baik melalui grup FB, donasi langsung, atau terlibat pada kaegiatan-kegiatan yang diadakan.

Beasiswa KF secara resmi telah digulirkan mulai semester 1 tahun 2013 kepada enam orang siswa/i SMA MTA melalui serangkaian proses seleksi. Dalam proses seleksi, tidak hanya data akademik saja yang dipertimbangkan. Prestasi non akademik yang juga dilihat misalnya berapa banyak hafalan AlQuran-nya serta aktif di kegiatan apa saja. Proses seleksi dilakukan secara online dengan mengisi formulir yang tersedia di situs KF. Pada periode 1 ini, tercatat ada 25 pendaftar. Periode 2 insyallah akan digulirkan pada semester 2 tahun 2013 terhitung mulai bulan Juli 2013.

Beasiswa KF bisa dikatakan sebagai program beasiswa unggulan. Program beasiswa KF tidak sebatas memberikan dana lantas dibiarkan begitu saja. Ada program pembinaan yang wajib diikuti oleh penerima beasiswa dengan harapan para penerima beasiswa memiliki nilai lebih setelah program beasiswa berakhir.

Program pembinaan yang saat di laksanakan berupa sharing session alumni dan menulis artikel bulanan. Kunjungan alumni untuk berbagi diharapkan bisa menambah wawasan siswa/i sehingga bisa lebih mengenal dunia nyata selepas SMA. Alumni yang berpartisipasi berasal dari berbagai macam profesi, ada yang dari profesional di bidang akademik atau perusahaan, pelaku usaha mandiri, atau bisa juga dari kalangan birokrat jika kelak ada alumni SMA MTA yang menjadi pejabat pemerintahan.

Program beasiswa KF bergulir setiap semester (enam bulanan). Setiap periode akan dimulai pada Januari atau Juli setiap tahunnya. Dan pendaftaran dilaksanakan satu atau dua bulan sebelum program bergulir.

Dukungan Kepada KASMAMTA Foundation

Untuk mewujudkan cita-cita KF, diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Dukungan bisa berupa donasi beasiswa melalui berbagai pilihan sarana, dukungan moral dengan membuat tulisan bertema pendidikan dan beasiswa untuk ditayangkan di situs KF, atau dengan terlibat langsung membimbing siswa/i peserta beasiswa melalui pembinaan rutin bulanan.

Bapak Diastono selaku kepala sekolah SMA MTA mendoakan mudah-mudahan program yang dirintis ini berkembang dengan baik, dan amal baik alumni bisa menjadi bekal yang bermanfaat di hadapan Allah SWT kelak.

KASMAMTA Foundation insyaAllah menerima infak donasi beasiswa berapapun melalui salah satu rekening berikut:

  1. Bank Syariah Mandiri (BSM). No. Rekening    : 702 68208 33 a.n Alip Rahmadi
  2. Bank Muamalat Indonesia (BMI). No. Rekening    : 017 41207 42 a.n.  Alip Rahmadi
  3. UB Syariah MTA. No. Rekening    : TP1-PST-729 a.n. KASMAMTA FOUNDATION – ALIP RAHMADI

KASMAMTA Foundation mengajak saudara-saudara khususnya warga MTA semua umat Islam pada umumnya untuk berpartisipasi dalam program beasiswa KF sehingga akan semakin banyak siswa/i yang bisa dibantu.

Sangat mudah untuk mendaftar menjadi donatur, silakan mengisi formulir di alamat berikut http://www.kasmamtafoundation.org/p/pendaftaran-donatur.html atau langsung mengirimkan donasi dan memberitahukan donasinya melalui SMS ke nomor HP 0856 2548 008.

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

[ QS. Ali Imran: 92]

 

Oleh: Abbaz Sukarno


One Response to “Beasiswa KASMAMTA Foundation”

  1. 1
    x-tiar sugiyarto Says:

    berita yg mengembirakan & membanggakan.2jempol kagem k.f yg walaupun statusny adlh alumni tpi mash pduli dgn adik2 di smamta.jd iri neh,ana blm bs berbuat bnyk untk umat.ngurus dri sendri aj mash ribet.tpi moga2 dgn bca ini,ana lbh termotivasi lg.

Leave a Reply