Nafar Ramadhan MTA : Menempa Pengalaman di Bulan Mulia

pembekalan-nafarSolopos (12/8/2011). Menjalankan ibadah Ramadhan bersama orang yang sebelumnya tidak dikenal dan harus meninggalkan rumah dan semua kegiatan sehari-hari untuk sementara waktu tidaklah mudah.
Namun, bagi warga Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) kegiatan itu merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu untuk menempa pengalaman dan menyemarakkan Ramadhan dalam bingkai kegiatan Nafar Ramadhan atau Semacam Pesantren Kilat.

Ketua Panitia Nafar Ramadhan MTA, Suprapto mengatakan Nafar Ramadhan merupakan kegiatan semacam pesanten kilat yang diikuti warga MTA baik tua mauoun muda dengan berbagai latar belakang penndidikan dan profesi. Para peserta tersebut disebar ke 140 cabang dan perwakilan MTA di berbagai daerah.

Menurutnya, perserta Nafar akan diberangkatkan dalam 3 gelombang, yakni 3 Agustus, 10 Agustus dan 17 Agustus ke daerah yang telah ditetapkan selama lima hari. Untuk gelombang pertama misalnya, jumlah peserta yang ikut sekitar 2.759 orang dan gelombang kkedua 1800 peserta.

Peserta akan dikelompokkan. Mereka akan ditempatkan selama 5 hari didaerah tujuan. Mereka akan tinggal di cabang MTA yang ada didaerah dan mengikuti kegiatan MTA disana. Biaya perjalanan dan kegiatan ditanggung peserta” katanya kepada Espos, Ahad (31/7).

Dia mengatakan sebelum diberangkatkan, para peserta Nafar akan mendapat pembekalan di sekretariat MTA Pusat Solo maupun didaerah tujuan oleh guru pembimbing yang telah ditunjuk.

Materi yang didapat diantaranya adalah tafsir Al-Baqarah ayat 1-29 serta materi pedamping seperti Akhlaqul karimah, hafalan ayat-ayat pilihan, qiraah, kuliah tujuh menit (kultum) dsb.

“Selain mendapat materi keislaman, peserta juga diharapkan dapat berdakwah dengan mengisi kegiatan Ramadhan atau Kultum kepada jemaah dan warga sekitar. Sementara untuk tuan rumah atau cabang mereka akan bertanggung jawab terhadap tamu atau peserta Nafar yang tinggal di tempat mereka. Seperti dalam hal ijin ke Muspika dan mengikutkan peserta pada kegiatan MTA yang ada ditempat mereka,” Tukasnya.

Selain menyemarakkan Ramadhan, lanjutnya nafar Ramadhan bertujuan untuk lebih mengenal saudara-saudara MTA yang di daerah, meningkatkan kembali ukhuwah, meningkatkan maisyah dengan bertukar informasi seputar kerja dan usaha.

“Nafar Ramadhan juga digelar MTA cabang diluar Jawa seperti Pekanbaru dan Medan. Dengan kegiatan ini juga diharapkan lahir kader-kader yang nantinya bisa dididik sebagai dai tapi itu tergantung kemampuan dan pemahaman peserta tentang materi yang didapat dan atas rekomendasi ketua kelompok maupun guru pembimbing”. (ufi)

http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/digg_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/reddit_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/stumbleupon_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/delicious_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/technorati_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/google_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/myspace_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/facebook_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/yahoobuzz_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/twitter_32.png

About the Author

has written 249 stories on this site.

Tangan dari seorang Warga Colomadu Solo (yang ternyata Karanganyar) -----------------------******------------------------ “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” [Ash-Shaf : 2-3]

4 Comments on “Nafar Ramadhan MTA : Menempa Pengalaman di Bulan Mulia”

  • Hanafi Sanggau Kalbar wrote on 13 August, 2011, 21:49

    Semoga kegiatan nafar ramadhan ini berjalan dengan lancar dan nantinya akan lahir dai – dai yang berkualitas. Amin.

  • engki mustofa wrote on 14 August, 2011, 2:04

    ya smoga dg nafar ramdhan ini bisa lbih mningkatkan ukuwah islamiah.

  • triyono wrote on 16 August, 2011, 22:35

    salam buat rekan2 di tangerang, kerawan, pondok cabe…….kami dah sampai rumah dengan selamat

  • Arief jogja wrote on 21 August, 2011, 8:47

    Subhanalloh banyak sekali manfaatnya..semoga tahun depan masih ada kesempatan




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2014 MTA.OR.ID | Situs Resmi Majlis Tafsir Al-Qur'an. All rights reserved.