Menuju Peresmian MTA Banjarbaru

Yayasan Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) sebagai lembaga dakwah terus berupaya menjalankan fungsinya  secara istiqomah. Setelah hampir merata di pulau Jawa dan Sumatera, bibit dakwah MTA kini perlahan bersemi di beberapa wilayah di pulau Kalimantan. Pasca bagian barat (Pontianak), sebentar lagi MTA secara resmi akan dibuka di Kalimantan Selatan. InsyaAlloh, Kamis 03 Februari 2011 di Asrama Haji Embarkasi (BPAH) Banjarmasin.

MTA berlabuh di Kota Seribu Sungai

pasar-terapung

Pasar Terapung, Banjarmasin- Pesona pasar tradisional yang masih eksis di Kalimantan selatan.

Propinsi Kalimantan Selatan terletak di sebelah selatan pulau Kalimantan. Propinsi dengan Ibukotanya Kota Banjarmasin ini, banyak dilalui sungai besar dan sungai kecil. Kegiatan masyarakatnya juga masih banyak dilakukan di sungai termasuk kegiatan perdagangan. Maka tak berlebihan jika ia menyandang gelar ‘kota seribu sungai’. Topografi wilayah yang seperti itu menjadikan penduduk kota Banjarmasin juga masih banyak yang tinggal di atas air.

Atas nikmat dan pertolongan Allah Ta’ala, MTA telah tumbuh di wilayah tersebut, tepatnya di kota Banjarbaru.  Dalam kontelasi hubungan antar-wilayah, posisi geografis Kota Banjarbaru  sangat strategis karena memiliki akses jalan yang menghubungkan Banjarmasin-Kotabaru dan Banjarmasin-Hulu sungai hingga ke Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.  Kota ini juga sangat dekat dengan akses udara, karena adanya Bandar Udara Syamsuddin Noor sebagai jalur transportasi udara di Kalimantan Selatan.

Perjalanan Dakwah MTA Banjarbaru

Memasuki wilayah dengan jumlah penduduk mayoritas muslim, geliat dakwah MTA mengalami beberapa episode perjalanan. Berikut perjalanan Majlis Tafsir Al-Qur’an Perwakilan Kota Banjarbaru:

a.       Periode tahun 2006-2007

Pada pertengahan tahun 2005, dakwah MTA di pulau jawa (pengajian ahad pagi)  telah didengar oleh warga Banjarbaru ketika singgah (tinggal) di Jawa beberapa saat. Maka sekembalinya ke Banjarbaru, pada tahun 2006, mereka belajar secara berkelompok dengan mempelajari  materi dan brosur ahad pagi yang dterbitkan oleh MTA Pusat. Beberapa pengurus MTA Pusat (termasuk Al-Ustadz Ahmad Sukina) juga pernah silaturrahim ke Kota Banjarbaru pada waktu itu. Namun berikutnya, karena tidak adanya pemandu yang memimpin kelompok ini, perjalanannya mengalami pasang-surut.

b.      Periode tahun 2007-2008

Pada periode ini perjalanan dakwah (binaan Banjarbaru _red) mulai efektif dan mendapatkan nikmat kemudahan dari Allah Ta’ala. Beberapa murid MTA yang pernah belajar di MTA baik pada pendidikan formal (SMP atau SMA) dan nonformal (MTA Pusat dan cabang-cabang), ditakdirkan Allah bertempat tinggal di Kalimantan Selatan. Sebagaimana difahami bahwa seluruh murid dari Majlis Tafsir Al-Qur’an memiliki tanggung jawab menyebarkan dakwah dimanapun mereka berada. Oleh karena itu, pengajian binaan yang pernah dirintis pada periode sebelumnya mulai digiatkan kembali.

Alhasil pengajian mengalami perkembangan yang cukup siginifikan dan istiqomah. Berawal dari rumah  Bapak Suseno, pengajian selanjutnya  dikembangkan di rumah Bapak Widodo Heri, Wignyo dan Nor Yatin Maksum di kota Banjarbaru. Bahkan kemudian dapat mengembangkan binaan tambahan di sebuah musholla kecil di Sungai Jelai, wilayah Kabupaten Tanah Laut.

c.       Periode Tahun 2009-2010

Dengan berkembangnya pengajian tersebut, pada tahun 2009 pengurus MTA binaan Banjarbaru mengajukan surat permohonan kepada pengurus pusat. Dengan maksud agar ada guru Daerah yang dikirim untuk mengajar di Banjarbaru, sehingga seluruh aktivitas mendapatkan bimbingan dan dapat selaras dengan kebijakan yang digariskan oleh MTA Pusat.

Alhamdulillah, permohonan tersebut dipenuhi oleh MTA pusat. Maka sejak saat itu dalam periode sebulan sekali, ada guru daerah yang diutus untuk memberikan pelajaran pada pengajian rutin di Banjarbaru. Adapun setiap minggunya, pengajian di Banjarbaru dan binaan lainnya disampaikan oleh pengurus MTA Banjarbaru  yang tinggal di Kalimantan Selatan dan pernah menimba ilmu di MTA pusat.

Pada tahun tersebut juga segenap pengurus bersepakat membeli rumah yang dijadikan sekretariat (Majlis) untuk melancarkan segala aktivitas. Alhamdulillah kini MTA binaan Banjarbaru dilaksanakan di tempat tersebut, yaitu di Jl. Sukamaju, perum Citra Mandiri II, Blok.C No.5 Kecamatan Landasan Ulin Utara, kota Banjarbaru.

Demikianlan dakwah Majlis Tafsir Al-Qur’an di Kalimantan Selatan. Dengan pertolongan Allah perjalanannya mendapatkan kemudahan. Maka selanjutnya pada tahun 2010 pengurus mengajukan permohonan agar pengajian binaan di Banjarbaru diresmikan sebagai bagian dari keluarga besar Majlis Tafsir Al-Qur’an yang berpusat di Surakarta. Alhamdulillah permohonan ini juga segera dikabulkan. Insya Allah pada tanggal 3 Februari 2011 MTA perwakilan Kota Banjarbaru secara resmi akan dibuka oleh Pimpinan MTA Pusat dan MUI pusat. Mudah-mudahan keberadaan MTA di Banjarbaru mampu menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

pasar-martapuraPasar martapura-  objek menarik bagi yang ingin berburu batu-batu permata

Jadwal Kegiatan MTA Binaan Banjarbaru

I.                    Pengajian Ahad Pagi, Banjarbaru

Waktu

Tempat

Alamat

CP

Email

:

:

:

:

:

setiap ahad pukul 09.00-12.00

Majlis Banjarbaru

Jl. Sukamaju, Perum Citra Mandiri II Blok.C No.5 Landasan Ulin, Banjarbaru

1)      Suyamto (087814076989)

2)      Suseno (08125199475)

3)      Dian Cahyo (085248701982)

mtabanjarbaru@yahoo.com

II.                  Pengajian Sabtu Sore, Pelaihari

Waktu

Tempat

CP

:

:

:

Setiap Sabtu, pukul 16.00-18.00

Mushola Peternakan, Sungai Jelai

Ono Samiono (085752333444)

III.                Pengajian Ahad Sore, Palangka Raya

Waktu

Tempat

Alamat

CP

:

:

:

:

Setiap Ahad, pukul 16.00-18.00

Rumah Bpk. Yoki

Jl. Antang Kalang 2, Kelurahan Langkai, Kec. Pahandut, Palangka Raya

Sutikno (081953349252)

Sampai jumpa di peresmian MTA Perwakilan Banjarbaru :)

Sumber : Pak Yamto

peresmian-banjar-baru-2011

http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/digg_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/reddit_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/stumbleupon_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/delicious_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/technorati_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/google_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/myspace_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/facebook_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/yahoobuzz_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/twitter_32.png

About the Author

has written 82 stories on this site.

"Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik." (QS. Al Hadid 57 : 16)

20 Comments on “Menuju Peresmian MTA Banjarbaru”

  • wahyul wrote on 19 January, 2011, 7:16

    Insya Allah we will meet in Banjarbaru February 1st to 4th for seeking Allah’s bless. See you there my brothers. Wahyul – Keina no oto san – MTA Japan. :)

  • bangyon wrote on 20 January, 2011, 13:32

    alhamdulillah semoga saudara-saudaraku di sana bisa tetep istiqomah karena cobaaan ataupun ujian mesti akan ddatang.

  • Anton wrote on 1 February, 2011, 14:44

    Ya Allah, berilah kami dan saudara-saudara kami yang berazam ke sana kekuatan lahir dan batin, lindungi dan selamatkanlah perjalanan kami dari berangkat sampai pulang kembali ke rumah masing-masing. Amin amin ya Robbal ‘alamin.

  • Anton wrote on 1 February, 2011, 15:08

    SALAMA BUAT MAS WAHYUL AMIN, JAPAN

  • arya-smart wrote on 1 February, 2011, 21:07

    moga dengan peresmian perwakilan yang kesekian kali dapat menjadikan istiqomah saudara saudara yang di banjarbaru, salam semua dan senantiasa diridhoi Allah SWT..

  • Kurniawan Budi Santoso wrote on 3 February, 2011, 10:40

    Selamat dan sukses selalu tuk saudara2 MTA Banjarbaru yang telah resmi hari ini. Smoga memberi inspirasi bagi kami warga Binaan Paranggupito n Wonogiri pada umumnya, tuk mewujudkan dakwah fii sabilillaah. Kurniawan binaan Paranggupito.

  • Trimo juwiring 4 wrote on 11 February, 2011, 18:00

    SELAMAT…. Smoga dgn peresmian MTA Banjarbaru , dakwah islam dapat berkembang pesat di pulau Kalimantan.

  • mochi wrote on 11 March, 2011, 10:54

    aamiin ,,, saudara2 ku,, slmt berjuang ,, semoga slalu mendapat perlindungan allh swt,, aamiin

  • WAHYU NGAWI wrote on 11 May, 2011, 21:44

    ALHMDLLH AKHIRNYA DRESMIKAN SETELAH LAMA BERJUANG…..SMG TTP ISTIQOMAH

  • Harmawan wrote on 8 September, 2011, 23:55

    Alhamdulillah sudah mendarat di Kalimantan Selatan………….mudahhan cepat merayap ke kalimantan bagian Utara…………….Ayooo……………..




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2014 MTA.OR.ID | Situs Resmi Majlis Tafsir Al-Qur'an. All rights reserved.