Ibadah Puasa Yang Mencerahkan Jiwa

icon-ramadhan-2-muliaManusia memiliki jiwa yang amat rapuh, yang mudah terjangkiti berbagai penyakit jiwa yang menyusahkan. Jiwa yang sakit akan menjadi tempat yang subur bagi syaitan. Untuk tinggal di dalamnya, dan kemudian menghasung sang pemilik jiwa untuk berpikir, berperasaan dan berbuat yang buruk-buruk dan mencelakai diri pribadi manusia namun semua itu dipulas oleh syaitan dengan gairah-gairah yang menyenangkan hawanafsu.

Puasa menjadi sarana huebat untuk melakukan pembersihan jiwa, Ketika manusia berhasil menghentikan kobaran gairah nafsu maka manusia akan mengetahui kelemahan-kelamahan dan penyakit jiwa yang dimilikinya dan kemudian akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan segala kekurangan yang ada pada dirinya, sehingga dengan penyembuhan diri yang dilakukannya akan membuat jiwa diri manusia akan sehat. Jiwa yang sehat akan menjadi tempat yang sering disinggahi oleh para malaikat, sehingga yang dirasakannya adalah bisikan-bisikan hati yang selalu baik, benar, menyenangkan dan membahagiakan.

Banyak amal-amal yang dituntunkan oleh Allah lewat Rasulullah yang bila dilakukan maka akan membuat malaikat rahmat suka hadir kedalam jiwa manusia, seperti misalnya sekelompok manusia yang sedang belajar dan mengajar Al-Qur’an, maka malaikat akan hadir kepada mereka. Bahkan manusia yang selalu membersihkan diri dari dosa dan jiwanya selalu berzikir ikhlash kepada Allah, maka malaikat akan selalu menyalami mereka dimanapun mereka berada.

Dari banyak kisah diketahui malaikat rahmat datang kepada seseorang ketika mereka sedang bertadarus melantunkan ayat-ayat suci al-Qur’an. Demikian pula ketika sedang sholat, apakah sholat lail, atau pula sholat subuh yang disaksikan para malaikat. Dan kehadiran malaikat juga sering terjadi pada sa’at-sa’at waktu ijabah. Mereka hadir atas perintah Allah, karena Allah telah memerintah kepada mereka untuk mendatangi orang-orang yang rajin beribadah kepada Allah.

Malaikat makhluq-makhluq yang disucikan oleh Allah, yang datang kepada umat manusia yang selalu berusaha untuk bertaqorub mendekat kepada Allah. Bahkan mereka mendo’akan orang-orang beriman agar diampuni oleh Allah dan dibebaskan dari segala siksa di dunia dan di akherat.

Allah mengetahui segala sesuatu yang di hadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka(malaikat) tidak memberi syafaat melainkan kepada orang-orang yang diridhai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya. (QS. 21:28)

Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman. (QS. 33:43)

Hampir saja langit itu pecah dari sebelah atasnya (karena kebesaran Tuhan) dan malaikat-malaikat bertasbih serta memuji Tuhannya dan memohonkan ampun bagi orang-orang yang ada di bumi. Ingatlah, bahwa sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 42:5)

Alangkah bahagianya bila kita bisa berbuat amal-amal yang menjadikan malaikat rahmat selalu hadir membersamai kita. Hadir kedalam hati kita, hadir ke dalam rumah-rumah kita, hadir kedalam lingkungan kita, dan hadir kepada jiwa kita dalam segala keadaan di sepanjang kehidupan ini. Sehingga jiwa kita akan senantiasa terjaga kesholihannya. Banyak hal-hal yang membahagiakan seseorang yang didatangi oleh malaikat sebagaimana firmanNya yang artinya

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. 13:28)

Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (QS. 10:62)
(Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertaqwa. (QS. 10:63)
Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan) di akhirat. Tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. (QS. 10:64)

Bahkan dalam kondisi susahpun orang-orang sholih dihibur oleh Allah dengan kedatangan malaikat-malaikat rahmat kepada mereka, maka ketenteraman akan senantiasa menghiasi hidup mereka

Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali denga izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. 64:11)

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadam, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (QS. 2:155)
(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:”Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. (QS. 2:156)
Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. 2:157)

Rahmat Allah dan kehadiran malaikat rahmat Allah kepada setiap jiwa manusia adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan hingga ketika mereka kembali keakherat yang akan disambut oleh malaikat dengan sapaan yang sangat membahagiakan

(Ingatlah) hari (ketika) Kami mengumpulkan orang-orang yang taqwa kepada Yang Maha Pemurah sebagai putusan yang terhormat, (QS. 19:85)

Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mu’min itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah:”Salam”; dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka. (QS. 33:44)

Puasa kadang-kadang dipandang sebagai sesuatu yang dilihat berat dengan kacamata kebebasan memuaskan hawanafsu, namun merupakan sesuatu yang amat berharga dan sangat mulia bila diamati dengan kacamata jiwa. Padahal jiwa adalah sesuatu yang kekal, jiwa manusia yang menjadikan setetes airmani tumbuh menjadi segumpal daging dan kemudian hidup. Segala Puji Hanya Bagi Allah, kita sangat bersyukur dengan bimbingan Allah dalam bentuk ketekunan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, Alhamdulillah.

http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/digg_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/reddit_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/stumbleupon_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/delicious_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/technorati_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/google_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/myspace_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/facebook_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/yahoobuzz_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/twitter_32.png

About the Author

has written 148 stories on this site.

6 Comments on “Ibadah Puasa Yang Mencerahkan Jiwa”

  • mawar biru-jogja wrote on 22 August, 2009, 19:11

    ya ALLAH,bimbing daku yang dhoif ini..selalu dlm keridhaanMU..ku selalu bahagia bersamaMU..

  • ghazy-donorojo Pacitan wrote on 23 August, 2009, 10:19

    dlm ramadhan, mari kita tingkatkan kesadaran diri, evaluasi hari2 yg tlah berlalu, perbanyak ibadah yg LURUS…banyak do’a…jaga kebersamaan…munculkan yg haq ditengah2 kita, yg akan menggembeng jiwa yg bersih…hanya Allah tempat berlindung & pemberi rahmat….

  • Ibnu Achmad wrote on 25 August, 2009, 14:33

    Selamat menjalankan puasa ramadhan 1430 H, semoga dapat mencapai tujuan akhir dari puasanya yaitu menjadi orang-orang yang bertaqwa yang siap dan berani menerima resiko / konsekuensi akibat menjalankan perintah-perintahNya dan menjauhi laranganNya.

  • devi wrote on 25 August, 2009, 21:38

    Ya Allah jauhkan diriku dari penyakit2 hati…semoga di bulan yang suci ini benar2 dapat membersihkan jiwaku..Amin

  • kristina tri kesumawati wrote on 31 August, 2009, 13:30

    dengan berpuasa di bulan Romadhon dengan tulus dan khusuk semoga kita mendapat rahmad dan ridhonya

  • asdie wrote on 3 September, 2009, 9:49

    Ya Allah, ya Rabbi, tidurkan aku dalam genggamanMu, bangunkan aku dalam ridhaMu, dn hidupkan aku dalam ketentuanMu.




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2014 MTA.OR.ID | Situs Resmi Majlis Tafsir Al-Qur'an. All rights reserved.