Jaga Persatuan dan Tingkatkan Jiwa Kebersamaan

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَpersatuan-mta

Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. (QS Al Hujurat 49: 10)

Kemunculan radio dakwah MTA FM terbukti telah menjadi pintu hidayah bagi banyak orang. Ribuan orang berbondong-bondong menghadiri acara Jumpa Pendengar MTAFM bulan September tahun lalu. Banyak di antara mereka yang kemudian membentuk kelompok pengajian baru untuk dibina oleh Majlis Tafsir Al Qur’an (MTA). Sedang yang lain lagi bergabung dengan cabang dan perwakilan terdekat. Kalau kita perhatikan hampir setiap Ahad selalu ada orang baru yang menghadiri pengajian Ahad Pagi.

Sebuah fenomena yang patut disyukuri. Akan tetapi tidak dapat kita pungkiri bersamaan dengan banyaknya orang yang berbondong kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah selalu ada orang yang membenci dan mendengki. Dengan berbagai cara mereka melampiaskan kebencian dan kedengkian mereka. Namun orang-orang yang telah mendapat hidayah itu tidak surut ke belakang. Orang-orang yang tersesat itu tidak mampu memadlorotkan siapapun ketika dia telah mendapatkan hidayah Allah (QS Al Maidah 5: 105).

Berbondong-bondongnya orang baru tentu saja harus kita sambut dengan senang hati. Dengan bertambahnya saudara, kita berharap akan tambah kekuatan kita dalam berdakwah. Akan tetapi jangan sampai kita kehilangan kewaspadaan. Bukan tidak mungkin kesempatan ini dimanfaatkan oleh musuh-musuh Islam dari kalangan munafik untuk menyusupkan orang yang telah dipersiapkan untuk merusak kebersamaan dan persatuan dari dalam. Sejarah membuktikan kehadiran ratusan orang-orang munafik di bawah Abdullah bin Ubay bin Salul ke tengah barisan umat Islam tidak menambah kekuatan. Bahkan menjadi ancaman potensial kalau tidak dikelola dengan baik. Kedekatan kita dengan mereka dapat dimanfaatkan untuk menohok kita dari belakang.

Disisi lain bukan tidak mungkin keberhasilan dakwah di berbagai daerah ini dapat memunculkan kebencian dan kedengkian di antara sesama pejuang. Mereka yang dikaruniai Allah kemampuan yang tinggi dalam berdakwah, keikhlasan hati dalam membina umat, dan mendapat berbagai kemudahan dari Allah banyak mendapatkan keberhasilan. Apa yang dia rencanakan selalu terealisasi karena pertolongan Allah. Apa yang dia lakukan selalu berhasil karena kemudahan yang diberikan Allah. Apa yang dia sentuh senantiasa menjadi lebih indah karena Allah. Seharusnya hal seperti ini ditanggapi dengan penuh kebahagiaan oleh semua orang beriman dengan bersama-sama mendukung penuh kerja dakwahnya.

Perlu disyukuri bersama, karena tidak ada seorangpun yang mampu menjalankan roda dakwah ini sendirian tanpa peran saudaranya sesama orang-orang beriman. Meski andilnya berbeda tetapi bukan tidak mungkin karena keikhlasannya yang tinggi mereka yang seolah nampak kecil andilnya, ternyata dimata Allah sangat besar nilainya. Kenyataan seperti ini akan senantiasa mengingatkan para da’i yang banyak berhasil dalam dakwahnya untuk tidak sombong. Sopirnya atau pengantarnya barangkali mendapatkan pahala yang lebih besar dari dirinya. Sedang bagi dirinya sendiri, dia akan melakukan muhasabah, mungkin dirinya tidak mendapatkan apa-apa dari Allah kalau niatnya salah atau tidak mampu menjaga amal agar tidak batal.

suasana-jihadpagi-mta1Gbr. Suasana Pengajian Ahad Pagi

Menghadapi orang yang mendengki seorang da’i harus sabar dalam arti harus lebih banyak ngemong bukan ngemohi. Dia harus pandai ngemong karena pada hakekatnya mereka adalah saudaranya sendiri yang sedang dikuasai syetan. Menjadi kewajibannya juga untuk menyingkirkan syetan dari hati saudara-saudaranya. Dia juga tidak boleh ngemohi saudaranya, karena meskipun mereka membenci dan mendengki, tetapi mereka masih darah dagingnya sendiri (satu tubuh). Tidak mungkin dia mengamputasi tubuhnya sendiri satu per satu. Sudah pasti dia akan bertambah lemah dan tidak berdaya.

Bila keadaan seperti ini terjadi, jangan dibiarkan berlarut-larut, segera sampaikan informasi lengkap kepada Imam untuk diambil kebijakan yang tepat. Imamlah sebagai pemegang otoritas tunggal atas umat dan pemberi amanat dalam dakwah yang paling berkepentingan untuk menyingkirkan hambatan-hambatan dalam dakwah. Baik hambatan dari luar maupun dari dalam. Informasi yang terlambat atau tidak akurat dapat menyebabkan keterlambatan dan ketidak-akuratan dalam mengambil keputusan.

Untuk itu seorang Imam harus berusaha untuk mencari informasi dari banyak sumber. Selalu ada dua sisi dari satu mata uang. Setelah keputusan diambil Imam tidak layak bagi siapapun untuk menolak atau menyikapinya dengan sikap ubas-ubis di belakang (QS An Nur 24: 51; Al Ahzab 33: 36, dan An Nissa 4: 65) yang menggambarkan sikap kemunafikannya. Sedang bagi mereka yang mendengki hendaknya segera sadar bahwa kedengkian itu tidak lain hanyalah merugikan dirinya sendiri.

Rasulullah saw bersabda bahwa kedengkian dan kebencian itu menjadi pencukur agama. Segera sadar dan bertaubat lebih baik daripada mencari pembenaran atas perbuatannya yang jelas-jelas salah. Hendaklah kita takut kalau sampai Allah swt mengirimkan syetan untuk menjadi teman setia kita dan akan menjadikan kita memandang perbuatan yang jelek dan sesat seolah nampak baik dan mendapat petunjuk (QS Az Zuhruf 43: 36-37).

Al Ustadz Drs. Ahmad Sukina

http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/digg_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/reddit_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/stumbleupon_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/delicious_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/technorati_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/google_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/myspace_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/facebook_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/yahoobuzz_32.png http://www.mta.or.id/wp-content/plugins/sociofluid/images/twitter_32.png

About the Author

has written 23 stories on this site.

"Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik- baik Penolong." (QS.Al Hajj 22 :78)

5 Comments on “Jaga Persatuan dan Tingkatkan Jiwa Kebersamaan”

  • herman wrote on 3 July, 2009, 11:29

    Assalamu’alaikum Wr.wb
    Mari jangan sampai melepaskan persatuan dan kebersamaan yang telah dianugerahkan oleh Allah. dan jangan sampai berpecah belah, saling membunuh, hingga kembali ke masa jahiliah dulu, oleh karena itu mari dukung perjuangan Imam kita mendukung dakwah melalui MTA FM, semoga tidak lama lagi bisa di dengar hingga Bekasi, salam dari herman yang tinggal di Bekasi buat kru, MTA FM, Wassalamu’alaikum wr.wb.

  • mawar biru-jogja wrote on 3 July, 2009, 18:33

    lanjutkan dan teruslah berkarya dlm kapasitas dan potensi yang Allah titipkan kepada kita..dunia hanya tempat untuk bertarung dlm meraih keridhlaan menuju derajat tagwa yang Allah kehendaki..jadi mari berjuang bersama sama dg keikhlasan hati yang bening,serta ketegaran nyali yang kian teruji dan terbukti dari waktu ke waktu..Allah akan selalu menolong kita janji kita tetap dlm semangat ikhlas ketaatan.

  • naeklembah wrote on 5 July, 2009, 7:00

    subhanallah…
    lanjutkan semangat dakwah ini…

  • lintang wrote on 30 July, 2009, 14:37

    salam buat al uatad Ahmad sukino

  • tonio wrote on 14 February, 2012, 11:32

    maju terus MTA ….




Write a Comments

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

MTA Surakarta

Copyright © 2014 MTA.OR.ID | Situs Resmi Majlis Tafsir Al-Qur'an. All rights reserved.